HOT THREAD : Memahami Lisensi Male Pageant

Pada kesempatan ini, IMP sebagai Komunitas Pemerhati Pageant pertama di dunia yang mendapatkan kesempatan untuk memiliki lisensi suatu Male Pageant Internasional, IMP yang berbasis para Pageant fans ini merasa senang sekali untuk berbagi pengetahuan dengan para pageant fans Indonesia yang lain. ya… , kali ini IMP akan menjelaskan mengenai Lisensi Male Pageant yang bersumber dari komunikasi IMP dengan para Pageant Organizer di dunia.

Mengenal Licensee dan Licensor

Berbicara tentang lisensi suatu Male Pageant, lisensi adalah semacam kesepakatan terdokumentasikan melalui suatu surat perjanjian. Artinya, lisensi adalah surat perjanjian yang berisi penjabaran Hak dan Kewajiban. Pemegang lisensi selanjutnya disebut Licence Holder atau Licencee, sedangkan pemberi Lisensi disebut Licensor. Licensor memberikan beberapa Hak kepada Licencee diantaranya : Hak untuk mengirim kontestan ke Pageant yang diselenggarakan dan Hak untuk menggunakan logo atau trademark pageant untuk kepentingan sponsorship

Sedangkan Licencee memiliki kewajiban berupa pembayaran serta menjaga nama baik Licensor. Perlu diketahui bahwa Licencee bukan berarti menjadi National Director. Suatu contoh, untuk ajang MISTER GLOBAL, Edin Muhammad (CEO IMP Organization) bertindak sebagai Licencee sekaligus National Director. Sementara untuk ajang MISTER MODEL INTERNATIONAL, ia hanya bertindak sebagai Licencee, sedangkan posisi sebagai National Director telah ia delegasikan kepada Surya Gemilang (IMP Head of International Affairs). Untuk itulah biasanya jika terjadi wakil Indonesia Unplaced, sebenarnya licencee lah yang paling bertanggungjawab, bukan National Director. Sebab, National Director sebenarnya hanya melakukan hal-hal yang sudah dikonsepkan oleh Licencee baik dalam program pembekalan maupun kerjasama dengan pihak eksternal.

CEO IMP bersama Mister Global Indonesia 2014 dan Gubernur Jawa Tengah

 

CEO IMP Sebagai National Director menemani Mister Global Indonesia di ajang Internasional

Bagaimana proses mendapatkan Lisensi Male Pageant ?

Sebelum mengenal 4 macam cara dalam mendapatkan lisensi Male Pageant, perlu diketahui dulu bahwa watak Organizer Pageant (Penyelenggara Pageant) itu ada 2 hal mendasar. Ada yang memberlakukan sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup ialah Organizer Pageant menjaga dan melindungi Licensee sehingga jika ada pihak lain yang berniat mengambil lisensi, dia tidak akan diberi akses informasi apapaun sebelum Licensee yang sedang memegang lisensi menyatakan mengundurkan diri. Sedangkan Sistem Terbuka adalah Organizer Pageant yang memberikan informasi mengenai lisensi pageant nya padahal saat itu lisensi masih dimiliki Licensee yang lain. Kategori sistem terbuka ini biasanya dianut oleh pemilik Pageant Non-Grandslam. Proses mendapatkan lisensi Male Pageant ada 4 macam

Sistem Sponsor          :

Biasanya Male Pageant yang baru pertama kali diselenggarakan. Pageant Organizer melakukan penunjukan langsung pada suatu organisasi yang dianggap mumpuni untuk mengirim kontestan. Harga lisensi biasanya dilakukan diskon hingga 50%

Sistem Bargaining      :

Melihat suatu organisasi memiliki aset dan kemampuan yang bagus untuk mengelola dan mengirim kontestan, ada Pageant Organizer yang memberikan lisensi secara Cuma-Cuma. Namun Pageant Organizer meminta agar pihak yang diberi lisensi membantu Pageant tersebut menjadi pageant yang populer ataupun manfaat lain yang bisa diambil.

Sistem Lelang             :

Ini ialah periode dimana Licensee masih ingin memiliki lisensi pageant itu namun ada pihak lain yang menginginkan lisensi pageant tersebut. Maka Pageant Organizer akan melelang lisensi. Siapa yang membayar lebih mahal maka pihak itulah yang akan memiliki lisensi

Sistem Bidding            :

Ini adalah sistem tersulit dalam mendapatkan lisensi suatu Male Pageant. Kondisi ini terjadi manakala Licensee yang ada sudah tidak berminat / tidak sanggup mengirim kontestan ke pageant yang diselenggarakan sementara ada beberapa pihak yang berminat mengambil alih Lisensi tersebut. Maka setiap pihak yang berminat harus memberikan proposal lengkap kepada Pageant Organizer untuk meyakinkan bahwa merekalah yang paling tepat untuk mengambil alih Lisensi. Jika suatu Pageant Organizer sampai membuka bidding, berarti dia adalah Pageant Organizer yang sangat terhormat karena bukan jumlah dana yang dijadikan patokan untuk memberikan lisensi melainkan kualitas total yang dibukukan melalui proposal.

National Director bersama Mister Model Indonesia seusai persiapan ajang Mister Model International 2014

Harga Lisensi Male Pageant

Berikut adalah urutan harga lisensi Male Pageant :

1.MR WORLD :

ajang milik Miss World Organization ini adalah Male Pageant termahal, sesuai dengan masa karantinanya yang kurang lebih 2 minggu. Organizer lebih sering memberlakukan sistem bidding untuk kepemilikan lisensi.

2.MISTER INTERNATIONAL :

Ajang besutan Alan Sim dari  Mister Singapore Organization ini saat ini menjadi Male Pageant termahal ke-2. Harga lisensi tidak diinformasikan secara pasti namun mendekati harga lisensi MR WORLD. MSO memberlakukan sistem tertutup untuk kepemilikan lisensi dengan metode campuran Bidding + Bargaining.

3.MANHUNT INTERNATIONAL :

Ajang milik Alex Liu ini memiliki harga lisensi yang tidak sama disetiap negara. Hal itu tergantung kerjasama yang dijalankan serta potensi perkembangan popularitas male pageant di negara tersebut. Semakin populer potensi MHI di negara tersebut, maka harga lisensi bagi negara tersebut juga akan semakin mahal. MHI Organization ialah Organizer Pageant yang paling flexible dalam proses kepemilikan Lisensi.

4.MISTER GLOBAL :

Ajang baru yang digagas Pradit Pradinunt  ini hampir mendekati harga lisensi Manhunt International. Sebagai pageant baru, Organzier memberlakukan sistem terbuka dengan berbagai metode yang diterapkan.

5.MISTER MODEL INTERNATIONAL dan MEN UNIVERSE MODEL :

2 ajang ini memiliki harga lisensi yang sama, dan masih di bawah Mister Global.

6.MR TOURISM INTERNATIONAL, MR EARTH WORLD WIDE, MR MODEL REVOLUTION INTERNATIONAL, DAN MISTER ASIA IMP masih belum mendapatkan informasi secara detail.

Demikian adalah sekilas mengenai Lisensi Male Pageant, IMP akan mempromosikan semua Male Pageant kepada berbagai stakeholder di Indonesia agar Indonesia memiliki perwakilan di setiap Male Pageant sehingga Nama Indonesia akan semakin diketahui diberbagai ajang.

Get Closer With National Directors

Angelique Dewi Permatasari, 29 years, National Director for Mister International & Manhunt International Indonesia 2011-2013. She is Head of Marketing Communication PT.Nutrifood Indonesia.
M.Nasiruddin Assegaf Eddilangga, 24 years, National Director for Mister Global Indonesia 2014. He is CEO IMP Organization & Training Manager at PT.Agung Podomoro Land, TBK.
Raden M.Surya Gemilang Jawwas, 22 years, National Director for Mister Model Indonesia 2014. He is still a student at Al-Azhar University Jakarta and Member of Yayasan Peduli AIDS Indonesia.

 

Officially Issued by :

IMP Public Relation Departement

for more info, contact us :

imp.organization@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *